Lembaga pembiayaan khusus diperlukan untuk dorong tumbuhnya UMKM

06 Mei 2015

Jakarta (ANTARA News) - Direktur Eksekutif Perkumpulan Prakarsa Setyo Budiantoro mengatakan perlu ada lembaga pembiayaan khusus untuk mendorong tumbuhnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui penyediaan modal yang memadai sehingga terciptanya keuangan inklusi.

"Perlu ada spesialisasi untuk menggarap sektor UMKM. Makin besar dia (lembaga pembiayaan) tidak apa-apa tapi tetap fokus ke UMKM," katanya dalam Diskusi Publik Usulan Masyarakat Sipil untuk Penyusunan RUU Perbankan 2015 yang diselenggarakan Koalisi Responsibank di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan jika tidak ada lembaga pembiayaan yang khusus mengatasi permasalahan kredit sektor UMKM maka ketimpangan antarawilayah makin tinggi.

"Kalau tidak ada, ketimpangan makin tinggi dan kerusuhan politik bisa terjadi lagi dan merusak perekonomian nasional," ujarnya.

Ia merekomendasikan untuk lembaga pembiayaan Bank Perkreditan Rakyat yang memadai dari segi modal.

Ia mengatakan permasalahan yang dihadapi UMKM saat ini adalah kekurangan modal usaha dan kesulitan akses pembiayaan terutama ke perbankan.

Lembaga pembiayaan itu diharapkan menjadi fokus pemerintah untuk dikembangkan secara optimal dalam mewujudkan keuangan inklusi.

"Pembiayaan sangat penting untuk UMKM mentransformasi ke semua kapasitas bisnisnya," katanya.

Berdasarkan website resminya, Perkumpulan Prakarsa bekerja untuk memelihara dan meningkatkan kesejahteraan ide-ide dan tindakan melalui penelitian independen dan keterlibatan aktif untuk pemangku kepentingan dalam rangka menciptakan keadilan sosial dan kemakmuran masyarakat.

 

Source: http://www.antaranews.com/berita/494777/lembaga-pembiayaan-khusus-diperlukan-untuk-dorong-tumbuhnya-umkm

Terimakasih telah berbagi

Pesan anda telah terkirim

×