Perbankan RI Belum Miliki Transparansi Berstandar Internasional

11 Juni 2015

Bank nasional di Indonesia masih sangat tertinggal dibandingkan perbankan asing yang beroperasi di Indonesia. Pasalnya, perbankan nasional masih belum memiliki transparansi dan akuntabilitas berbasis standar internasional.

Koordinator Sekretariat Koalisi Respons Bank Indonesia, Akbar Ali, mengatakan berdasarkan Laporan Flagship Transparansi dan Akuntabilitas penilaian Internasional hanya terdapat satu bank dari Indonesia yang masuk dalam kategori leadership atau pemimpin. Namun, bank itu pun merupakan bank asing yang beroperasi di Indonesia.

"Dari Indonesia yang masuk skor leader Citi Bank, namun catatan ini merupakan bank asing di Indonesia. Menurut kategori OJK, bank itu bank asing dan bukan buku III dan IV," ujar Akbar dalam launching transparansi perbankan di Indonesia, Jakarta, Kamis (11/6/2015).

Sementara itu, perbankan nasional termasuk bank milik negara masih jauh dari kategori leadership dibandingkan bank nasional dari negara lainnya yang sudah mendekati kisaran skor angka 4.

"Bank Nasional Indonesia masih jauh masuk di kategori ketinggalan, hanya di kisaran skor 2,7-2,8. Lebih rendah dibanding bank nasional negara lain yang kisaran skornya sudah mendekati angka 4," katanya.

Menurutnya, berdasarkan penilaian nasional sejauh ini terdapat tiga bank asing yang menjadi perbandingan bagi bank nasional di Indonesia. "Ada tiga bank asing yang beroperasi di Indonesia yang menjadi perbandingan dengan bank nasional. Di antaranya HSBC, Citi Bank, Mitsubishi," tandasnya.

Sumber: Okezone

Terimakasih telah berbagi

Pesan anda telah terkirim

×