Empat Bank Siap Luncurkan "Branchless Banking"

15 Januari 2016

Layanan perbankan tanpa kantor alias branchless banking segera meluncur. Sebanyak empat bank dalam beberapa hari mendatang akan mulai meluncurkan layanan branchless banking.

Keempat bank yang siap meluncurkan layanan tersebut adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), dan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN).

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad, Kamis (26/3/2015) mengatakan sejauh ini total sudah terdapat 17 bank yang mengajukan izin layanan branchless banking ke OJK. Namun di tahap awal, baru empat bank yang siap meluncurkan layanan bank tanpa kantor.

Direktur Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) BRI Djarot Kusumajakti mengaku bahwa pihaknya akan meluncurkan layanan branchless banking di Papua pada Jumat pekan ini. BRI akan menambah 15.000 agen perbankan dari saat ini berjumlah 35.000 agen. Agen ini merupakan nasabah BRI yang membantu melayani masyarakat. "Nantinya akan ada dua–tiga agen di satu desa, dari semula satu agen untuk dua desa," terang Djarot.

Sementara itu, BCA akan merilis program itu di Purwodadi dan Wonogiri, serta di pasar Cipulir, Jakarta Selatan. Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA mengatakan, layanan ini di BCA akan disinergikan dengan financial inclusion versi Bank Indonesia (BI) yaitu layanan keuangan digital (LKD).

Taswin Zakarian, Presiden Direktur Bank Internasional Indonesia (BII) mengaku sedang menimbang layanan branchless banking. "Kami ingin menjalankan di semester II," ucap Taswin. Dia juga bilang, layanan ini akan membantu pertumbuhan pertumbuhan dana murah.

Tak mau kalah, pionir bank syariah di Indonesia, yakni Bank Mualamat Indonesia juga akan ikut berpartisipasi dalam layanan branchless banking. Adrian Gunadi, Direktur Ritel Bank Muamalat mengatakan, pihaknya akan ikut layanan branchless banking melalui produk rebranding Shar-e Mualamat. "Kami juga akan memanfaatkan jaringan Pos Indonesia untuk melaksanakan layanan tanpa kantor tersebut," imbuh Adrian. 

 

Sumber: kompas.com

Terimakasih telah berbagi

Pesan anda telah terkirim

×