Training untuk Jurnalis

12 Maret 2021

Click here to read in english

Pendahuluan

Bank komersial memainkan peran penting dalam ekosistem sosio-ekonomi-politik, yaitu mengendalikan pembiayaan perusahaan dan proyek yang memiliki dampak dan biaya sosial yang tinggi. Namun, pemberitaan media tentang bank komersial terbatas pada integritas keuangan dan aliran uang, bahkan ketika ada tuntutan akuntabilitas, itu terbatas hanya pada akuntabilitas keuangan. Dampak lingkungan dan sosial atas pembiayaan perusahaan dan proyek-proyek relatif tidak cukup terekspos.

Tujuh negara yang menjadi bagian dari Fair Finance Asia (FFA) berinisiatif untuk menyediakan kondisi yang memungkinkan di mana media di negara mitra dapat meminta pertanggungjawaban lembaga keuangan dan perusahaan atas dampak lingkungan dan sosial yang ditimbulkan oleh aktivitas bisnisnya. Koalisi di negara mitra juga mengembangkan studi kasus sektoral tentang pelanggaran kriteria lingkungan, sosial dan tata kelola (LST) dalam pembiayaan kepada perusahaan.

Dengan konteks ini, Fair Finance Asia (FFA) dan mitra ingin menyelenggarakan lokakarya untuk media, mitra koalisi, dan masyarakat sipil yang menangani masalah ini di masing-masing negara untuk memfasilitasi dialog tentang keuangan berkelanjutan dan untuk memastikan pemberitaan media yang berdampak signifikan pada perbaikan institusi pembiayaan dalam menerapkan kriteria LST.

Tujuan

  1. Membangun narasi media seputar keuangan berkelanjutan melalui pelatihan tentang bagaimana menyelidiki, mengakses dan melakukan interpretasi data keuangan perusahaan dan membangunnya menjadi sebuah narasi media;
  2. Mendorong wartawan di Indonesia untuk memahami bagaimana memperkuat narasi dengan investigasi berbasis data dan memperdalam pemahaman mereka tentang keuangan berkelanjutan;
  3. Membangun hubungan Koalisi Responsibank dengan wartawan di Indonesia.

Peserta

Sekitar 15 jurnalis dan 5 bukan-jurnalis Indonesia akan berpartisipasi dalam training, melalui proses seleksi.

Siapa yang dapat mendaftar?

  • Kandidat harus menunjukkan kapasitas mitigasi ancaman legal dan fisik terhadap jurnalisme, melalui pengumpulan bukti yang obyektif, hak jawab, regulasi media, perlindungan sumber dan keamanan informasi dalam proses penelitian jurnalistik.
  • Kandidat memiliki pengalaman sebelumnya dalam menulis berita keuangan atau investigasi tidak wajib tetapi proses seleksi akan memprioritaskan tempat bagi jurnalis yang memiliki latar belakang pelaporan keuangan dan / atau komitmen terhadap penggunaan etis jurnalisme investigasi untuk mengungkap korupsi dan penyimpangan, dengan tujuan untuk memajukan kepentingan publik dan menghasilkan dampak yang bermanfaat.

Bagaimana cara mendaftar?

  • Isi formulir dan kirimkan minimal 2 hasil tulisan yang memuat unsur investigasi yang telah dipublikasi ke tautan ini.
  • Batas waktu pengiriman 25 Maret 2021.
  • Panitia akan mengumumkan hasil seleksi pada tanggal 2 April 2021.

---

Agenda and Trainer

10 & 11 April – Investigasi Keuangan (Sesi 1 - 4)

10 April

Sesi 1: 16.00-17.30 & Sesi 2: 18.30-20.00 - Investigasi Keuangan menggunakan teknik pengumpulan Open-Source Intelligence untuk menyelidiki perusahaan cangkang lepas pantai regional dan global.
Dylan Kennedy, Direktur Intelpool Limited

Dylan akan membahas penyalahgunaan kriminal global terhadap perusahaan cangkang lepas pantai yang dibuat oleh agen pembentukan perusahaan dan menunjukkan kepada anda cara menggunakan teknik pengumpulan Open-Source Intelligence untuk menyelidikinya. 

Dylan adalah Direktur Intelpool Limited. Dia memiliki lebih dari dua dekade keahlian di Badan Penegakan Hukum internasional terkemuka Inggris, Penyelidikan Anti-Pencucian Uang (AML) Perbankan Koresponden Global, dan sektor Logistik Kurir Ekspres Global. Dia adalah analis & penyelidik intelijen terakreditasi, dan pengumpul OSINT tingkat lanjut.

11 April

Sesi 3: 16.00-17.30 - Menggunakan Open Corporates untuk Investigasi
Rebecca Lee, Open Corporates

OpenCorporates adalah database terbuka perusahaan terbesar di dunia dan tempat panggilan pertama bagi penyelidik mana pun yang ingin mencari tahu informasi tentang sebuah perusahaan. Sebagai mantan penyelidik, Rebecca akan menunjukkan kepada Anda cara menggunakan situs web mereka serta beberapa kiat dan trik yang berguna.

Rebecca adalah Chief Impact Officer di Open Corporates. Misi inti Open Corporates adalah untuk mempromosikan transparansi perusahaan global dengan membuat data perusahaan dunia terbuka untuk semua, menyoroti keberadaan, kepemilikan dan aktivitas entitas, dan orang-orang yang terhubung dengannya - terutama untuk menangani penggunaan perusahaan untuk korupsi, pencucian uang dan tujuan anti-sosial lainnya. Data mereka telah terlibat dalam investigasi inovatif termasuk ICIJ's Panama Papers, laporan Narco-a-lago dari Global Witness, laporan pencucian uang properti Transparency International London, dan investigasi OCCRP Troika Laundromat.

Sesi 4: 18.30-20.00 - Open Contracting Partnership atau sejenis

Trainer utama kami berbasis di AS dan dengan perbedaan zona waktu, karena itu trainer untuk topik ini sedang menunggu pengganti trainer lain yang berbasis di UE atau Asia.

 

17 & 18 April – Story Based Investigative Methodology (Sesi 1 - 4)

17 April

Sesi 1: 16.00-17.30 -  Dari pertanyaan ke hipotesis
Luuk Sengers & Dr Mark Lee Hunter

Hipotesis adalah apa yang menurut Anda terjadi - cerita sementara berdasarkan bukti yang tersedia. Ini memungkinkan penilaian cepat atas minat dan kelangsungan ide dan sumber potensial Anda sebelum menginvestasikan waktu Anda untuk penelitian lebih lanjut. Rekan kami di ICIJ menyebutnya sebagai keterampilan inti dalam proyek investigasi kontemporer..

Sesi 2: 18.30-20.00 - Nailing the timeline
Luuk Sengers & Dr Mark Lee Hunter

Timeline merupakan tulang punggung untuk cerita Anda, memungkinkan Anda untuk melihat tidak hanya apa yang terjadi, tetapi apa yang pasti telah terjadi di antara peristiwa yang diketahui, dan bagaimana cerita itu bisa berakhir. Ini memungkinkan Anda untuk fokus pada pemandangan dramatis yang memperdalam pengaruh pekerjaan Anda. Dalam prosesnya, ini menciptakan satu struktur yang mungkin untuk narasi Anda.

18 April

Sesi 3: 16.00-17.30 - Memetakan stakeholder
Luuk Sengers & Dr Mark Lee Hunter

Peta pemangku kepentingan menunjukkan siapa yang terlibat dalam cerita Anda - sebagai aktor, saksi, dan korban. Peta tersebut membawa Anda ke sumber lebih lanjut, dan memungkinkan Anda untuk melihat hubungan di antara semua orang yang terlibat. Ini juga menunjukkan audiens inti cerita Anda, yang penting untuk mempromosikan dampaknya. Paling tidak, ini menangkap cara alternatif untuk menyusun cerita.

Sesi 4: 18.30-20.00 - Dari masterfile hingga masterpiece
Luuk Sengers & Dr Mark Lee Hunter

Organisasi adalah proses inti untuk pelaporan mendalam. Masterfile adalah database sederhana namun efektif yang kami gunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis materi kami. Kami memanfaatkan organisasi untuk memfasilitasi komposisi laporan akhir. Waktu yang Anda habiskan dalam sesi ini akan menghemat ribuan jam sepanjang karier Anda. Anda juga akan mempelajari teknik menulis yang meningkatkan kekuatan pekerjaan Anda.

Narasumber/trainer:
Luuk Sengers adalah seorang jurnalis dan dosen. Dia menyelidiki bagaimana perusahaan besar mempengaruhi lingkungan dan perubahan iklim untuk majalah Belanda terkemuka De Groene Amsterdammer. Luuk juga salah satu pengembang Story-Based Inquiry: metode yang diakui dan efektif untuk menghasilkan cerita investigasi.

Dr Mark Lee Hunter adalah anggota pendiri The Global Investigative Journalism Network, penulis utama dari Story-Based Enquiry: A Manual for Investigative Journalists (UNESCO 2009) dan penerima banyak penghargaan atas laporannya.

 

24 & 25 April – Financial Investigations continued: Case study (Sessions 1 – 4)

Studi kasus Investigasi Keuangan langkah demi langkah yang dipimpin oleh mantan penyelidik Global Witness, peserta akan dipandu melalui tahapan investigasi kehidupan nyata terhadap korupsi, penyuapan, dan kerahasiaan keuangan luar negeri menggunakan dokumen yang sebenarnya. Pelatih akan memimpin diskusi tentang beberapa masalah utama dan membantu peserta untuk memahami bagaimana menghubungkan bukti dalam penyelidikan mereka sendiri.

24 April

Sesi 1: 16.00-17.30 - Investigative Approaches
Leigh Baldwin and Daniel Balint-Kurti
 

Sesi 2: 18.30-20.00 - Offshore Finance Investigations
Leigh Baldwin and Daniel Balint-Kurti

25 April

Sesi 3: 16.00-17.30 - Dealing with corporate spin and controversial sources
Leigh Baldwin and Daniel Balint-Kurti

Sesi 4: 18.30-20.00 - Right of Reply and Putting it all together
Leigh Baldwin and Daniel Balint-Kurti

Narasumber/ trainer:
Leigh Baldwin adalah editor SourceMaterial. Dia sebelumnya bekerja sebagai jurnalis investigasi untuk Global Witness dan sebagai reporter untuk Bloomberg News.

Daniel Balint-Kurti adalah Kepala Investigasi di Global Witness (hingga April 2020), sebelumnya dia adalah pemimpin kampanye tim Investigasi Khusus dan fokus pada masalah anti-korupsi di Afrika. Dia sekarang bekerja sebagai jurnalis lepas.

---

Bahasa Pengantar

Narasumber menyampaikan dalam Bahasa Inggris. Penerjemah disediakan dalam Bahasa Indonesia.

Fasilitas Pendukung

Pilihan fasilitas untuk peserta:

  • Pilihan 1 - Ruang pertemuan dengan akses wi-fi di hotel DoubleTree, Jakarta, selama pelatihan (2 malam per minggu), termasuk kamar dan makan.
  • Pilihan 2 - Penggantian biaya komunikasi sesuai biaya aktual selama pelatihan.

Kontak

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Fiona Armintasari (Fiona)
Mobile: +628 12 1912 9658
Email: farmintasari@theprakarsa.org

Agustinus Beo. Da Costa (Gusti)
Mobile: +628 11 8714 890
Email: reporterjak@gmail.com

Penyelenggara

Responsibank

Responsibank adalah koalisi masyarakat sipil yang berfokus pada penilaian bank dan lembaga keuangan. Responsibank menggunakan standar penilaian yang dikembangkan oleh Fair Finance Guide Internasional untuk menilai apakah bank dan lembaga keuangan telah mempertimbangkan kriteria lingkungan, sosial, tata kelola, dan hak asasi manusia dalam kebijakan investasinya. Jadi, bukan hanya unsur profit yang menjadi tujuan tunggal keberadaan lembaga tersebut. Lembaga harus mempertimbangkan elemen manusia, planet, keuntungan. Responsibank adalah bagian dari jaringan global FFA dan inisiatif Fair Finance Guide International (FFGI) yang diprakarsai oleh Oxfam Novib Nederland. Proyek ini didanai oleh SIDA (Swedish International Development Cooperation Agency). Kunjungi responsibank.id untuk informasi lebih lanjut.

Centre for Investigative Journalism (CIJ)

CIJ adalah laboratorium eksperimental yang mengajarkan alat-alat baru kepada wartawan di luar dari ketrampilan umum jurnalisme investigatif. Tujuan inti CIJ adalah pelatihan dan pendidikan jurnalis dalam teknik investigasi tingkat lanjut. CIJ didirikan pada tahun 2003 di London sebagai tanggapan mendesak atas penurunan yang mengkhawatirkan dalam pelaporan investigasi dalam media arus utama di Inggris.

Sejak itu, kegiatan utama CIJ adalah Konferensi Musim Panas tahunan di London. Sejauh ini, majalah ini menarik ribuan jurnalis dari tiga puluh lima negara: termasuk Irak, Cina, Rusia, Brasil, Afrika Selatan, Meksiko, dan Serbia. Bidang keahlian CIJ telah berkembang untuk mencakup pelatihan regional dan internasional dalam jurnalisme data, keamanan komputer dan operasional, analisis dokumen bisnis, penipuan dan korupsi keuangan ilegal, pencemaran nama baik, privasi dan pencemaran nama baik, bukti tidak konvensional dan pencatatan rahasia, pemodelan keuangan, pencarian internet tingkat lanjut dan investigasi, investigasi lintas batas, pengadilan dan pelaporan lokal, pengawasan, enkripsi dan anonimitas, dan perlindungan sumber. Pekerjaan perintis kami dalam bidang perdagangan jurnalisme investigasi telah mengubah ruang redaksi di seluruh Inggris. Di CIJ, pendekatan terhadap etika berakar pada etika profesional yang melekat pada jurnalisme yang baik. Kunjungi tcij.org untuk informasi lebih lanjut.

 

Informasi: