Pilih bank Kamu dan lihat skornya

Kebijakan

Keterangan Warna

Profil Perusahaan

Bank Central Asia (BCA) adalah salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Berdiri pada 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV di Jakarta. Saat ini, BCA memiliki lebih dari 1.200 cabang di seluruh Indonesia dan juga memiliki cabang di beberapa negara lain seperti Singapura, Hong Kong, dan Amerika Serikat. Menurut laporan keuangan BCA per September 2021, jumlah karyawan yang bekerja di BCA adalah sebanyak 31.226 orang.

Lini bisnis yang dimiliki BCA yaitu retail banking, corporate banking, treasury dan international banking. Berdasarkan laporan keuangan BCA per 30 September 2021, BCA berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp. 15,7 triliun atau meningkat 10,3% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Selain itu, BCA juga berhasil meningkatkan kualitas aset dengan menurunkan rasio NPL dari 2,1% pada September 2020 menjadi 1,7% pada September 2021

BCA berada pada peringkat ke 4 dari 11 bank yang dinilai. Tema yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu tema korupsi, inklusi keuangan dan perlindungan konsumen. Meski ketiga tema tersebut masih berada dalam kategori Cukup. 

Pada penilaian tema korupsi, BCA memperoleh skor karena memiliki kebijakan anti penyuapan, pencucian uang, dan pendanaan teroris. Komitmen untuk melaksanakan menghindari aktivitas tersebut sesuai dengan peraturan OJK dan memenuhi persyaratan USA Patriot Act. Selain itu, BCA melakukan verifikasi terhadap pemilik manfaat akhir dari perusahaan dan memiliki jaring pengaman tambahan terkait pembiayaan yang berhubungan dengan Politically Exposed Person. Terakhir, BCA melaporkan tidak menyediakan dana untuk kegiatan politik sepanjang tahun 2021 dan tahun-tahun sebelumnya.

Pada tema inklusi keuangan, BCA mendaptakan skor karena memiliki kebijakan penyediaan layanan untuk kelompok marjinal dan miskin serta layanan perbankan seluler.  BCA menyalurkan pembiayaan lebih dari 10 persen kepada UMKM dan bebas dari jaminan untuk beberapa sektor. Berbeda dengan penilaian periode sebelumnya, saat ini tidak ditemukan komitmen BCA untuk meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat berpendapatan rendah, marjinal dan UMKM. Terdapat produk simpanan dari BCA yang tidak mengenakan biaya pada saat pembukaan rekening. Selain itu, BCA juga menyediakan informasi layanannya menggunakan Bahasa Indonesia.

Pada tema perlindungan konsumen, BCA memiliki kebijakan untuk mengungkapkan hak dan risiko klien terkait dengan produk dan layanan mereka, serta program untuk melatih karyawan dan agen resmi tentang penawaran ini. Mereka memastikan konsumen memiliki akses ke penanganan keluhan yang memadai, mengungkapkan hasil pemantauan keluhan, dan memiliki komitmen publik untuk mengurangi keluhan. BCA memiliki mekanisme Alternatif Penyelesaian Sengketa, kebijakan penyelesaian utang, profil risiko untuk produk investasi dan menghormati perlindungan data konsumen.

Pada tema transparansi dan akuntabilitas, skor didapatkan BCA karena memiliki kerangka kerja terkait lingkungan dan sosial yang diaudit oleh pihak ketiga dan diungkapkan kepada publik, menerbitkan daftar pemerintah dan perusahaan dimana ia berinvestasi, mengungkapkan jumlah perusahaan yang berinteraksi dengan topik sosial dan lingkungan, menerbitkan laporan keberlanjutan yang diverifikasi sesuai dengan Standar GRI, serta memiliki mekanisme pengaduan yang jelas. 

Pada tema hak pekerja, kebijakan internal BCA mematuhi Deklarasi ILO dan mengintegrasikan ke dalam kebijakan pengadaan. Selain itu, BCA memiliki prosedur untuk menangani keluhan karyawan dan memungkinkan penyelesaiaan melalui serikat pekerja. Terkait perusahaan yang dibiayai, BCA mewajibkan perusahaan membayar upah minimum pekerjanya serta melarang pekerja paksa dan anak. 

Terkait kebijakan BCA pada tema sektor persenjataan, kehutanan, pertambangan, minyak dan gas dan pembangkit listrik juga dinilai masih dalam kategori kurang sekali. Sedangkan tema cross cutting yang masuk dalam kategori ini adalah kesetaraan gender, alam, perpajakan dan hak asasi manusia. BCA tidak mendapatkan skor pada penilaian tema kesehatan dan perubahan iklim. Hal tersebut karena tidak didapatkan informasi spesifik pada dokumen yang dipublikasikan oleh BCA.