Bagaimana skor Bank terhadap

Berikan opini anda dan dorong bank anda untuk meningkatkan skor-nya. Kirim pesan ke bank anda!

Pengaruhi bank anda dengan menyampaikan pendapat Anda mengenai kebijakan investasi nya!

Hasil penilaian pada tema Perlindungan Konsumen

Pada tema perlindungan konsumen, keseluruhan bank yang dinilai mendapatkan nilai. HSBC memperoleh nilai tertinggi, yakni 62 persen. Disusul BCA pada peringkat kedua dengan nilai 60 persen. HSBC memiliki kebijakan yang jelas mengatur perlindungan konsumen. Sebagai contoh kebijakan yang mengatur hak konsumen untuk mendapatkan informasi yang jelas terkait produk dan jasa yang ditawarkan. HSBC memiliki kode etik yang mengatur staf nya untuk memberikan perlakuan yang adil kepada konsumen tanpa membedakan suku, agama, ras, maupun jenis kelamin. HSBC berkomitmen untuk mengurangi komplain pelanggan dengan memberikan layanan berbasis teknologi yang lebih mudah dan cepat. Bank ini juga memberikan informasi kepada konsumen bagaimana melakukan transaksi melalui berbagai cara dengan aman untuk melindungi dari perampokan, pencurian maupun penipuan. Terkait perlindungan data pribadi, HSBC menjelaskan secara lengkap pada laman website terkait bagaimana data dikumpulkan, diproses, disimpan dan dikelola oleh bank.

BCA menerapkan inklusifitas pelayanan terhadap konsumen, termasuk penyandang disabilitas. Bank tersebut memiliki ATM khusus tuna netra untuk mempermudah dan meningkatkan akses layanan keuangan. BNI yang memperoleh nilai 46 persen juga memiliki inisiatif untuk mempermudah akses nasabah dengan disabilitas yang disediakan dengan pengguna kursi roda. Sama halnya dengan Bank Mandiri yang memiliki Program Mandiri Sahabat Difabel. Pada program tersebut, Bank Mandiri melakukan penyediaan fasilitas cabang yang ramah disabilitas untuk mengakses layanan keuangan. Selain itu, bank ini juga memberikan program pemagangan untuk masyarakat disabilitas.

Bank-bank lain, seperti CIMB Niaga, BRI, BJB, Bank Danamon maupun Bank Permata memang telah memiliki kebijakan terkait perlindungan konsumen. Akan tetapi, pada kebijakan tersebut belum detail dalam menjelaskan bagaimana perlindungan konsumen dengan disabilitas, perlakuan konsumen bank dengan adil dan setara hingga perlindungan data pribadi konsumen.

Terimakasih telah berbagi

Pesan anda telah terkirim

×